Selasa, 31 Maret 2015

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak - Buah yang satu ini juga populer degan nama buah durian belanda atau terkadang di kenal juga dengan sebutan nangka belanda, merupakan salah satu buah faforit bagi saya, hal ini karena rasanya yang begitu istimewa, yang memiliki perpaduan antara rasa manis dan asam menjadi satu, bener-bener membuat saya ketagihan untuk memakan buah yang satu ini, Jujur pada awalnya saya menyukai buah sirsak hanya karena rasanya yang khas dan enak ini, namun lambat laun saya mencari informasi mengenai buah yang satu ini, alangkah mengejutkan bagi saya, karena ternyata buah ini memiliki kandungan vitamin yang sangat berguna untuk tubuh manusia, dalam arti lain buah sirsak bagus untuk kesehatan, berarti apa yang selama ini saya komsumsi tidak lah menjadi sia-sia, mengenai apa saja manfaatnya akan saya bahas sebentar lagi, maka dari itu anda haruslah membaca artikel manfaat buah sirsak ini sampai tuntas untuk mendapatkan informasi yang berguna.

manfaat buah sirsak
buah sirsak

Buah Sirsak memiliki nama latin Annona muricata, tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembnag). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa. sumber yang saya ambil dari asal muasal Buah sirsak ini adalah wikipedia, maka jangan heran jika ada kesamaan dalam penulisan pada sejarah dan nama buah sirsak tersebut.

Sekarang kita masuk ke Informasi yang paling penting dan yang paling di tunggu di artikel ini, yakni khasiat buah sirsak, silahkan saja anda langsung baca informasinya di bawah ini.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Meningkatkan Energi
Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

Meredakan Migrain
Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

Mencegah Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Melancarkan buang air kecil
Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

Menjaga Kesehatan Tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Manfaat Biji Buah Sirsak
Tahukah Anda, Ladies, bahwa tidak hanya daging, biji buah sirsak pun berguna untuk menjaga kesehatan Anda? Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

Siapa yang menyangka di Balik durinya yang tidak tajam ternyata buah sirsak memiliki manfaat yang sangat-sangat berguna untuk kesehatan tubuh mausia, maka dari itu kita harusnya mensyukuri apa yang telah di karuniakan Tuhan kepada kita.
Tidak lupa, seperti biasanya sebelum saya menutup artikel ini saya akan menginfokan bacaan menarik lainya yakni manfaat buah naga, silahkan di baca, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar