Selasa, 10 Maret 2015

Manfaat Timun Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Timun - Buah yang tergolong sayur ini dapat dengan mudah kita temukan di pasar tradisional ataupun di supermarket, ya masyarakat indonesia sudah barang tentu sangat akrab dengan sayuran yang satu ini, memiliki bentuk yang bulat memanjang dan berwarna hijau, serta memiliki kulit tipis yang kemudian di bungkus oleh daging yang biasanya enak dimakan serta tepat di tengah terdapat biji yang budar dengan bagian ujung runcing, biasanya biji timun berwarna putih.

manfaat timun
timun
Timun kadang di sebut juga dengan Ketimun atau kadang di kenal juga dengan nama mentimun, memiliki nama latin Cucumis sativus, yang merupakan suku labu-labuan, jika kita melihat pada artikel sebelumnya yakni buah melon, ternyata mentimun masih satu suku dengan buah tersebut, bagi yang belum membacanya silahkan di baca dahulu artikel sebelumnya ya. :)
Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu manfaat lainya dapat anda lihat dan baca langsung di bawah ini.

Manfaat Timun Untuk Kesehatan Tubuh


  1. Penghilang Racun Di Tubuh Secara Efektif. Kandungan air dalam timun yang hampir 95 persen akan memiliki efek menghilangkan racun didalam tubuh melalui urine maupun keringan yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.
  2. Penangkal Kanker Yang Sangat Baik. Ini dikarenakan, timun mengandung lignin yang memiliki fungsi mencegah dari berbagai jenis kanker yang mengancam jiwa seperti kanker payudara, ovarium, rahim serta prostat.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh Anda. Kandungan vitamin C dalam timun berperan nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit maupun terserang berbagai penyakit seperti perubahan cuaca dan lain-lain.
  4. Pencegah Sembelit Yang Sangat Ampuh. Kandungan air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang mungkin anda alami.
  5. Pengontrol Tekanan Darah Yang Lebih Baik. Kandungan kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif mengobati tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.
  6. Mengurangai Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah. Ini dikarenakan, timun mengandung sebuah senyawa yang bernama sterol yang mana sangat ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.
  7. Obat Alami Bagi Penderita Diabetes. Ini dikarenakan, timun atau mentimun mengandung sebuah hormon yang berperan nyata memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang anda miliki. 

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat timun yang berguna untuk manusia, namun untuk kesempatan kali ini, saya hanya menulis sebagian saja, untuk kedepanya kita akan mencoba untuk membahas khasiat yang lainya dari sayuran yang tergolong sangat mudah kita temukan di pasaran, terima kasiah sudah membaca artikel di blog manfaat tumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar